About KAPABEL

Project Brief

Program Adaptasi Masyarakat Ekosistem DAS Saddang Berbasis Pengelolaan Pangan Hutan merupakan program hibah dari Adaptation Fund melalui Kemitraan (The Partnership for Governance Reform) yang merupakan satu-satunya mitra Adaptation Fund yang telah terakreditasi sebagai National Implementing Entity (NIE) di Indonesia. Program ini diimpelementasikan oleh Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (KAPABEL) yang terdiri dari lima (5) lembaga yaitu: 1) Yayasan Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) selaku Lead Konsorsium dan; 2) Yayasan Alumni Kehutanan Unhas (YAKU); 3) Puslitbang National Heritage, Biodiversity, and Climate Change, Universitas Hasanuddin; 4) Kanopi Hijau; 5) Bumi Lestari, selaku anggota konsorsium. KAPABEL menjadi satu – satunya lembaga di Indonesia yang usulan programnya telah lolos dan memenuhi kriteria dari Adaptation Fund.

Program ini tepatnya akan dilakukan di lokasi administrasi DAS Saddang yang berada di Sulawesi Selatan, yaitu Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Enrekang, dan Kabupaten Pinrang, yang melibatkan 27.143 penerima manfaat yang tersebar di 15 desa.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan resilensi terhadap ketahanan pangan masyarakat ekosistem DAS Saddang sebagai upaya untuk beradaptasi dengan perubahan iklim yang berfokus pada: 1) Penguatan Perhutanan Sosial dalam mendorong pangan hutan di hulu DAS Saddang yang berimplikasi pada peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan pendapatan masyarakat; 2) Perbaikan tata kelola dan daya dukung pesisir dalam mendukung adaptasi perubahan iklim di hilir DAS Saddang.; 3) Penguatan sistem dan kapasitas institusional, serta kebijakan lintas sektor dalam memastikan keberlanjutan adaptasi perubahan iklim; dan 4) Peningkatan kapasitas dan dukungan parapihak dalam aksi adaptasi perubahan iklim melalui diseminasi dan pengelolaan pengetahuan.

Project Implementation

Implementasi project akan dilakukan dengan membentuk Struktur PMU (Project Management Unit). Struktur yang dibentuk tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan dari capaian-capaian komponen proyek yang dapat dilihat pada gambar berikut: