KAPABEL dan Kelompok Home Industry Gapoktanhut Sipatuju dan Salubulo Studi Banding Ke Kalimantan Selatan Soal Pengelolaan Kemiri

Kalimantan Selatan – Minggu (30/01/2022) Kelompok Home Industry Gabungan Kelompok Tani Hutan (Gapoktanhut) Sipatuju dan Salubulo Desa Ranga, Kabupaten Enrekang yang didampingi oleh Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (KAPABEL) melakukan studi banding pengelolaan kemiri di Desa Galam, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Bersama dengan Kelopuk Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) kemiri Kelompok Tani Hutan (KTH) Batu Kura melakuakan pertukaran informasi terkait banyak hal. Mulai dari manajemen kelembagaan usaha, proses pengelolaan, hingga dinamika yang dialami oleh kelompok usaha KTH Batu Kura.

Istina selaku pengurus KUPS kemiri yang cukup cekatan, memberikan banyak informasi terkait dinamika kelembagaan yang pernah dialami oleh kelompoknya hingga pada saat ini KUPS kemiri masih tegar bertahan.

Lebih lanjut lagi dijelaskan oleh Mashudi yang juga menjabat sebagai pengurus KUPS bahwa metode yang digunakan dalam mempelajari proses pengelolaan kemiri ialah Trial And Error. Cukup banyak juga kegagalan yang pernah dialami oleh kelompoknya, namun memacuh semangat dan pantang menyerah yang membuat usaha yang dilakukan akhirnya berkembang.

Kegiatan inipun sangat didukung penuh oleh Rahmad Riansyah selaku Kepala KPH Tanah laut dengan mengerahkan segenap stafnya untuk memfasilitasi segala kebutuhan aktifitas studi banding ini.

“saya berharap hubungan antara Kelompok ibu istina dan kelompok yang dibina oleh KAPABEL ini tidak berhenti sampai disini saja” tegas Rahmad selaku Kepala KPH Tanah Laut

“Pertukaran informasi terkait kelebihan dan kekurangan di masing masing kelompok baik disini maupun yang disana bisa membuat kelompok kita lebih maju” Lanjutnya

Abdul Hamid sebagai perwakilan Rombongan study banding mengungkapkan kesyukurannya atas apa yang telah ia dapatkan baik itu pengetahuan baru maupun semua pelayanan yang diberikan stakeholder yang terlibat yaitu KPH Tanah Laut, Pemerintah Desa Galam, Pendamping Desa, dan segenap pengurus KTH Batu Kura.

Author: Andi Faisal Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *