Kelompok Peduli Perubahan Iklim (KPPI): Gerakan pemuda yang sadar akan isu perubahan iklim di Desa

Pinrang – Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (KAPABEL) menginisiasi pembentukan dan peresmian Kelompok Peduli Perubahan Iklim (KPPI) di Kantor Kecamatan Duampanua Kab. Pinrang pada Kamis (17/12/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Kecamatan Duampanua, Tim KAPABEL, Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Pinrang, Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Pinrang dan Anggota KPPI yang telah diresmikan. 

Syafriman Ali selaku Project Officer Kabupaten Pinrang KAPABEL memaparkan tugas pokok dan fungsi KPPI yakni mengawal isu perubahan iklim yang ada di Pesisir Kecamatan Cempa dan Kecamatan Duampanua sehingga mendapat perhatian Pihak DKP dan BPBD untuk berkolaborasi dan bersinergi. Pihak DKP dan BPBD pun menyarakan agar KPPI dapat berperan aktif dan meningkatkan kapasitasnya melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh KAPABEL selama pendampingan.

Pembentukan dan Peresmian KPPI menjadi pembuka di Indonesia yang fokus terhadap isu perubahan iklim berbasis Desa. KPPI nantinya akan mengawal isu perubahan iklim dengan rancangan jangka Panjang dan jangka pendek melalui rencana aksi secara berkelanjutan. Komitmen ini diatur melalui Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KPPI berdasarkan hasil musyarawarah besar secara mufakat. Melalui program KAPABEL, KPPI akan didampingi selama 18 bulan dengan pemberian pelatihan-pelatihan yang akan menunjang pengetahuan serta keterampilan anggota KPPI nantinya.

KPPI yang telah diresmikan pada kegiatan ini berjumlah 5 kelompok yang berkedudukan di masing-masing Desa Intervensi, dimulai dengan Desa Paria yang bernama KPPI Paria Manggolo beranggotakan sebanyak 15 orang laki-laki dan 6 orang perempuan, Desa Bababinanga bernama KPPI Binanga Saddang beranggotakan 21 orang laki-laki dan 6 orang perempuan, Desa Salipolo bernama KPPI Biring Saddang beranggotakan 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan, Desa Massewae bernama KPPI Massewae Peduli Alam (Mapia) beranggotakan 13 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, Desa Katomporang bernama KPPI Persatuan Pemuda Masyarakat Desa Katomporang (PPMDK) beranggotakan 16 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

Penulis: Muhammad Sahid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *