Tingkatkan kesadaran peduli lingkungan pemuda melalui pelatihan pengelolaan dan daur ulang sampah

Pinrang – Anggota Kelompok Peduli Perubahan Iklim (KPPI) mengikuti kegiatan pelatihan Pengelolaan dan Daur Ulang Sampah yang di selenggarakan oleh Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim Dan Lingkungan (KAPABEL). Kegiatan pelatihan ini berlangsung di Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Kamis (18/11/2021)

Program Officer Kabupaten Pinrang, Syafriman menjelaskan dalam pembukaannya, kegiatan ini didesain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota dalam pengelolaan dan daur ulang sampah, baik organik maupun anorganik.

“Kelompok Peduli Perubahan Iklim harus dimaknai dalam arti seluas-luasnya sehingga segala aktifitas dalam melakukan gerakan kelompok bisa berkontribusi pada pengurangan dampak perubahan iklim. Termasuk pada kegiatan pelatihan yang dilakukan ini, harapannya anggota KPPI dapat membuat gerakan mengurangi sampah yang ada dimasing-masing desa” ujarnya.

Narasumber yang di datangkan pada pelatihan ini adalah Ali Topan. Beliau merupakan direktur Pengelola Bank Sampah Peduli Pinrang sekaligus penerima penghargaan khusus KALPATARU tahun 2021.

Dalam materinya, Ali Topan menyampaikan bahwa kebanyakan masyarakat membuang langsung dan membakar sampahnya. Padahal dari sisi ekonomi, sampah bisa di jual di bank sampah ataupun di jadikan produk olahan dari sampah.

Setelah sesi diskusi selesai, dalam kesempatannya Ali Topan menunjukkan kepada peserta pelatihan cara pemilahan sampah yang baik. Pemilahan sampah di lakukan untuk memisahkan yang bisa di jual maupun yang tidak bisa di jual.

Author: Andi Faisal Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *