Lahirkan fasilitator lokal, KAPABEL gelar Pelatihan Fasilitasi dan Pendampingan untuk Kelompok Peduli Perubahan Iklim (KPPI)

Pinrang – Tim Project Management Unit (PMU) Wilayah Hilir Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (KAPABEL) mengadakan Pelatihan Fasilitasi dan Pendampingan Kelompok Peduli Perubahan Iklim (KPPI) untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KPPI dalam pengumpulan informasi, melakukan pengamatan dan observasi serta keterampilan pendampingan dan meta-fasilitasi masyarakat. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu-Jumat (27 – 29/01/2021) di Hotel Shafira Kab. Pinrang.

Tiga komponen tujuan pelatihan ini difasilitasi oleh Kamaruddin Azis, ST, selaku sekretaris Eksekutif COMMIT Foundation. Kamaruddin memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dengan rangkaian materi meta-fasilitasi dimulai dengan materi mengenali kondisi Desa, metode pengamatan dan observasi, etika wawancara, membuat rencana aksi, menyusun program kerja dan Focus Group Discussion (FGD).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KPPI dalam pengumpulan informasi, melakukan pengamatan dan observasi serta keterampilan pendampingan dan meta-fasilitasi masyarakat. Selain itu, peserta yang diundang sebanyak 5 orang masing-masing KPPI di lima Desa Intervensi dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Kamaruddin menerangkan untuk menjadi seorang fasilitator harus memiliki kemampuan problem solving untuk menghindari adanya konflik pada masyarakat. Maka dari itu, materi yang disuguhkan sangat penting untuk dipahami dan diaktualisasikan.

Pengembangan kapasitas yang dilakukan KAPABEL sebagai langkah strategis untuk anggota KPPI dalam mencari atau mengumpulkan data/informasi di Desa. Pentingnya data/informasi yang didapatkan akan menjadi bahan dari rencana aksi KPPI untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam mengawal isu perubahan iklim yang terjadi di Desanya. Misalnya, pendataan titik-titik rawan bencana, lokasi pembuangan sampah dan lainnya.

 “Pelatihan ini sangat menarik karena kami diajarkan hal-hal yang belum pernah didapatkan sebelumnya, mendapatkan teman baru hingga dapat melatih keterampilan dalam berbicara kepada orang banyak” ujar Aplia Rosa salah satu anggota KPPI.

Materi-materi yang telah didapatkan sebagai pondasi anggota KPPI bergerak dalam issue lingkungan hidup terlebih khusus issue krisis sumberdaya pesisir.

Penulis: Muhammad Sahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.