Leadership Training KPPI: Langkah inisiasi dalam memandirikan pemuda di desa

Pinrang – Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (KAPABEL) mengadakan Pelatihan Kepemimpinan kepada anggota Kelompok Peduli Perubahan Iklim (KPPI) pada Jumat-Minggu (26 – 28/2/2021) di MS Hotel Kab. Pinrang. Kegiatan ini menyasar perwakilan lima orang tiap KPPI. Pelatihan ini difasilitasi oleh Emban Ibnurusyd Mas’ud, S.Hut, MP salah satu Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin Makassar yang akrab dipanggil Emban. Emban yang memiliki metode dalam memberikan materinya, membuat forum lebih interaktif dan lebih mempermudah peserta memahami apa yang disampaikan. Dimulai dengan mengenali rekan kelompok, mengasah nalar kritis, meningkatkan kepercayaan diri, menggali potensi diri sehingga peserta aktif saat menerima materi dan memahami karakter menjadi seorang pemimpin. Tak hanya itu, Emban juga memberikan pemahaman bagaimana pemimpin mampu memberikan solusi dan tidak menjadi beban dalam kelompok.

“Pelatihan yang disajikan oleh Tim KAPABEL sangat bagus karena memberikan ruang untuk mengenali konsep kepemimpinan, memperkenalkan kepada mereka (pemuda) beragam fenomena sosial di luar Kabupatennya. Hal ini penting karena mereka yang berada dalam skala Kabupaten sering terkungkung oleh fenomena skala Kabupaten dan kebanyakan dari mereka diserang melalui konten media sosial yang toxic”, ucap Emban, tenaga pengajar di Fakultas Kehutanan Unhas, Makassar.

“Akhirnya energi, pengetahuan dan kemampuan mereka habis dalam realitas sempit yang seyogyanya mereka bisa lebih berkembang apabila berada di lingkungan yg lebih baik dan terbuka. Isu perubahan iklim kalau dilihat dari skala sempit, pasti akan berakhir menjadi jargon atau semboyan semata. Implikasinya, KPPI kedepan akan mendapatkan dua pilihan, menjadi lembaga yang menempatkannya mencapai tujuannya secara mandiri ataukah menjadi lembaga yang berorientasi formalitas program saja,” tambahnya.

Materi kepemimpinan yang didapatkan peserta menjadi pegangan kuat dalam menjalankan KPPI. Gebrakan yang diinisiasi KAPABEL tak hanya pelatihan ini saja, masih banyak pelatihan-pelatihan berikutnya yang akan didapatkan anggota KPPI. Selain itu, Tim KAPABEL juga melakukan pre-test dan post-test pelatihan kepemimpinan untuk mengukur kepahaman peserta dalam mengeyam materi pelatihan ini.

Penulis: Muhammad Sahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.